Senin, 16 Juni 2014

Cara mengatasi karang gigi mudah dan murah



Gigi merupakan salah satu aset yang sangat berharga dan harus selalu kita jaga kesehatannya. Tanpa adanya gigi, kita tidak akan pernah merasakan nikmatnya makan, mengunyah serta menggigit. Pencernaan kita jadi terganggu dan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita.
Bisa kita bayangkan jika gigi kita sadah mengalami kerusakan, maka rasa nikmat itu akan menjadi hilang. Kendala yang sering terjadi pada saat ini adalah masalah karang gigi yang banyak dianggap hal yang kurang diprioritaskan oleh kebanyakan orang dan kurang diperhatikan. Padahal karang gigi adalah salah satu penyebab kerusakan pada gigi.
Pengertian mengenai pentingnya kesehatan gigi, hingga saat ini masih belum tersebar ke semua kalangan masyarakat, baik yang memiliki pendidikan rendah maupun yang berpendidikan tinggi. Sebagian masyarakat yang terdidik saja masih belum begitu paham dengan cara merawat gigi yang baik dan benar serta belum begitu paham mengenai cara mengatasi karang gigi yang efektif dan efisien, apalagi bagi kalangan masyarakat yang pendidikannya masih kurang.
Bagaimana jika permasalan kesehatan gigi anda sudah masuk dalam tahap yang lebih serius, yakni munculnya karang gigi yang sangat mengganggu kesehatan gigi dan penampilan anda? Karena karang gigi juga akan membuat gigi menjadi lebih kuning, juga akan terlihat kotor dan jelek serta akan mengakibatkan bau mulut. Karang gigi tidak hanya menggangu kesehatan gigi, tetapi juga mempengarui penampilan, apalagi pada saat kita berbicara dan tertawa, hal ini tentu akan membuat kita merasa malu. Yang dapat dilakukan untuk mengatasi karang gigi mudah dan murah yaitu :
1.      Menyikat gigi
Sikatlah gigi dengan baik dan benar secara teratur, minimal dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Serta jangan lupa membersihkan bagian gusi. Gunakan juga pasta gigi yang dapat mengurangi karang gigi dan melindungi gigi dari kerusakan gigi.
2.      Minum air putih
Rajin minum air putih secara teratur disamping mejaga kesehatan tubuh juga dapat mengrangi karang gigi, air putih tersebut bisa juga anda gunakan sebagai berkumur untuk mengankat sisa makanan agar tidak menempel dan menjadi karang gigi.
3.      Menggunakan biji asam kawak
Biji asam kawak bukan hanya mengatasi karang gigi, tapi ampuh menghilangkan dan membersihkan karang gigi. Cara penggunaanya yaitu sangrai biji asam kawak, kemudian di tumbuk atau di blender hingga halus. Bubuk halus dari biji asam kawak tersebut yang akan digunakan untuk menggosok karang gigi, bisa dilakukan dengan kapas atau sikat gigi, gosokkan secara merata dan kemudian bersihkan dengan berkumur menggunakan air putih.
4.      Menggunakan cengkeh
Cengkeh bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi. Caranya yaitu mengambil beberapa cengkeh secukupnya, tumbuk atau blender hingga halus, lalu gunakan bubuk cengkeh tersebut untuk menggosok gigi. Bubuk cengkeh tersebut juga bisa digunakan untuk berkumur.
5.      Menggunakan batu merah
Batu merah juga dikenal dapat menghilangkan karang gigi. Caranya yaitu batu merah dihaluskan hingga menjadi bubuk, lalu gosokkan pada karang gigi, kemudian bersihkan, ulangi hinggak tiga kali.
6.      Konsumsi buah apel
Mengkonsumsi buah apel tanpa mengupas kulitnya akan membantu membersihkan karang gigi dan memberikan perlindungan terhadap gigi agar menjadi kuat. Juga akan melindungi gigi dari plak. Konsumsilah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
7.      Makanlah buah dan sayur
Rajinlah makan buah dan sayur, karena selain baik untuk tubuh di dalam sayur dan buah terdapat banyak serat yang dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang sering menempel pada gigi maupun gusi.
8.      Bersihkan sisa makanan
Rajinlah membersikan sisia-sisa makanan yang sering menempel pada sela-sela gigi. Sisa makanan yang tertinggal dalam waktu lama, merupakan salah satu penyebab terjadi karang gigi.
9.      Menggunakan pembersih mulut
Berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut dapat membantu mencegah timbulnya plak pada gigi dan melindungi gigi agar tetap sehat.
Itulah beberapa cara mengatasi karang gigi secara yang mudah, aman dan murah tanpa kedokter gigi. Semoga bermanfaat dan rasakan bedanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar