Minggu, 22 Juni 2014

Mari Menjaga Alam Kita

Disadari atau tidak kita telah banyak menggunakan kenikmatan yang telah alam sediakan. Mongkonsumsi bahan-bahan alami akan meningkatankan ketahanan tubuh kita dan membawa efek positif pada diri kita. Begitupula dengan memanfaatkan alam sekitar maka hidup kita akan menjadi lebih sejahtera. Begitu banyak sumber daya alam yang diambil oleh manusia yang tak pernah merasa cukup. Namun kita hanya bisa mengambil, mengkonsumsi dan menghabiskan tanpa mau merawat dan menjaganya untuk masa depan.
Apakah sempat kita berpikir mengapa akhir-akhir ini terjadi banyak bencana alam? Mulai dari gempa bumi yang semakin sering terjadi, tsunami, angin ribut, perubahan cuaca yang semakin tidak terduga, tanah longsor, kebakaran hutan dan banjir bandang menyebabkan kerugian harta benda dan bahkan nyawa melayang. Apakah kita belum juga sadar telah terjadi ketidak seimbangan antara manusia dan alam. Mungkin ini semua merupakan peringatan Tuhan agar kita melihat kebelakang dan menyadari cara hidup dan kesalahan kita serta memperbaikinya sebelum terlambat.
Bisakah kita menyelamatkan masa depan kita, masa depan anak cucu kita kelak, menyelamatkan generasi kita selanjutnya? Mari kita memulainya dengan membuat perubahan kecil pada gaya hidup kita selama ini. Jangan hanya bisa menjadi pemakai, pengguna, penghabis dsb. Namun kita harus mulai merawat alam sekitar kita.
Jangan membuang sampah sembarangan itu salah satu hal kecil yang sering kita abaikan. Apabila hal kecil seperti ini saja kita tidak bisa melakukan, apalagi hal-hal yang lebih besar. sampah plastik merupakan sampah yang harus kita kurangi atau kalau bisa kita hentikan segera, karena plastik adalah sampah yang sangat sullit memui di tanah. Jangan menebang pohon sembarangan. Lebih banyak menanam pohon itu lebih baik. Karena pohon merupakan sumber cadangan air untuk tanah, dan air merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan manusia. Selain itu, pohon juga dapat menghasilkan oksigen atau O2 yang sangat kita butuhkan oleh manusia dan juga hewan.
Kurangi pemakaian benda atau alat yang dapat mengikis lapisan ozon, seperti AC, parfum, dsb. Kita tahu bahwa lapisan ozon kita semakin lama semakin menipis yang mengakibatkan sebagian kutub utara mencair dan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan bumi pada saat ini. Kurangi atau kalau bisa hentikan penggunaan bahan kimia yang kemudian di buang ditanah. Karena akan mengurangi kadar kesuburan tanah.
Mari kita mulai perubahan dari hal-hal kecil disekeliling kita. Kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menyelamatkan masa depan kita dan anak cucu kita kelak. Kalau tidak sekarang kapan lagi kita akan mulai. Jangan menunggu bumi kita semakin hancur. Berbuatlah lebih baik untuk masa depan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar